Wisata Hemat Green Canyon

DSCN0813

Bila terasa terlampau jauh bertandang ke Grand Canyon yang ada di Amerika sana, saat ini Anda tak perlu terlampau kecewa lagi. Indonesia nyatanya juga mempunyai Green Canyon sendiri yang tidak kalah cantiknya. Sesungguhnya tempat itu mempunyai nama asli yakni Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seseorang warga Perancis pada th. 1993. Sedang Cukang Taneuh mempunyai makna yakni jembatan tanah. Hal semacam itu karena diatas lembah serta jurang Green Canyon ada jembatan dari tanah yang dipakai oleh beberapa petani di seputar sana untuk menuju kebun mereka.

Green Canyon Indonesia itu terdapat di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak seputar 130 km atau bila dari Pangandaran berjarak seputar 31 km. Di dekat tempat wisata itu ada tempat wisata Batukaras dan Lapangan Terbang Nusawiru.
Tempat wisata mempesona itu sesungguhnya adalah aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif serta stalakmitnya. Diluar itu daerah ini dapat diapit oleh dua bukit, juga dengan adanya banyak bebatuan serta rerimbunan pohon-pohon. Seluruhnya ini membuat seperti satu lukisan alam yang demikian unik serta demikian menantang untuk dijelajahi.

Untuk meraih tempat itu wisatawan mesti pergi dari dermaga Ciseureuh. Lalu meneruskan perjalanan dengan memakai perahu tempel atau kayuh yang tersedia banyak disana. Jarak pada dermaga dengan tempat Green Canyon seputar 3km, yang dapat ditempuh kurun waktu 30-45 menit. Selama perjalanan kita bakal melalui sungai dengan air berwarna hijau tosca. Mungkin saja dari sinilah nama Green Canyon berasal.
Demikian tampak jeram dengan alur yang sempit yang susah dilalui oleh perahu bermakna telah tiba di mulut Green Canyon, dimana airnya sangatlah jernih berwarna kebiru-biruan. Di sinilah awal petualangan menjelajah keindahan tempat wisata itu diawali. Dari sini wisatawan bisa meneruskan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di pinggir batu. Disiapkan ban serta pelampung untuk yang pilih untuk berenang. Walau mesti meniti langkah seperti itu, perjalanan ditanggung seutuhnya aman. Bahkan juga untuk anak-anak 6 th. ke atas cukup aman untuk menyusuri aliran sungai dengan memakai ban serta dipandu oleh yang memiliki perahu yang disewa.

Perjalanan selalu ada dalam cekungan dinding terjal di kanan kiri aliran sungai. Dinding-dinding untuk menghidangkan keindahan sendiri, yang paling unik berupa mirip suatu gua yang atapnya telah roboh. Diluar itu dibagian atas sekian kali pengunjung bakal melalui stalaktit-stalaktit yang masih tetap dialiri tetesan air tanah. Sesudah sebagian ratus mtr. berenang, bakal tampak sebagian air terjun kecil dibagian kiri kanan yang demikian menawan. Bila diteruskan berenang jadi pengunjung bakal hingga pada ujung jalan, dimana ada gua yang ditempati banyaknya kelelawar.
Alur aliran sungai itu cukup panjang, hingga pengunjung bisa berenang sepuas-puasnya sembari ikuti arus dari air terjun. Terkecuali panorama indah diatas permukaan air, Green Canyon bakal jadi surga sendiri untuk yang sukai menyelam. Tinggal membawa sebagian alat selam, panorama mengagumkan cekungan-cekungan didalam air siap untuk dikilas balik serta di nikmati, komplit dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang kesana kemari di basic lubuk. Untuk yang sukai menantang adrenalin, bisa meloncat dari suatu batu besar dengan ketinggian 5m ke basic lubuk yang dalam.

Untuk Anda yang betul-betul mau nikmati keindahan tempat wisata Green Canyon mesti memahami dengan musim-musimnya. Lantaran waktu paling baik untuk dapat nikmati keindahaan tempat wisata itu yaitu sebagian waktu sesudah masuk musim kemarau. Lantaran bila pada musim hujan, di kuatirkan deras sungai serta warna airnya juga bakal jadi coklat.
Saat sebelum Anda mengambil keputusan untuk ke Green Canyon, baiknya terlebih dulu mempersiapkan duit tunai yang cukup. Pasalnya, di sana tidakada bank atau ATM. Untuk ATM, tempat penginapan serta sarana akomodasi yang komplit dapat Anda peroleh di Pangandaran.
Untuk akses berperahu, di sana ada armada perahu yang cukup banyak. Ada seputar 100 unit perahu yang bisa mengantarkan Anda untuk menelusuri tempat wisata itu. Pada tiap-tiap perahu bakal dilengkapi seseorang juru serta pekerjaan batu untuk memandu Anda dalam perjalanan.
Rute perjalanan yang perlu ditempuh untuk menuju Green Canyon yakni :
Dari JAKARTA serta BANDUNG,

Anda dapat ikuti Rute Arah ke Jawa Tengah dengan lewat Kota Tasik-Ciamis Kota-Kota Banjar- Pangandaran.
Dari JAWA TIMUR serta JAWA TENGAH,
Untuk JAWA TIMUR anda bisa menuju Arah JAWA TENGAH terlebih dulu, lantas dilanjutkan untuk mengambil jalur ke Jawa Barat dengan ikuti jalur Arah (Purworejo-Kebumen-Wangon-Banjar- Pangandaran-Ciamis).
Untuk Anda yang memakai kendaraan umum, tentu tak perlu ribet pikirkan rute. Lantaran sopir bakal membawa Anda Segera ke Pangandaran (Green Canyon). Namun yang butuh di perhatikan yakni tempat Anda Bermalam di sana, anda dapat pilih penginapan yang ada di hotel-hotel yang banyak tersedia di Pangandaran atau dapat pula bermalam di tempat wisata Batukaras yang sangatlah berdekatan dengan Green Canyon

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s