suku baduy

Suku Baduy atau orang Kenekes adalah salah satu suku pedalaman yang ada di Indonesia. Suku Baduy bermukim di Kabupaten Lebak, Banten. Orang-orang Suku Baduy masih tetap melindungi kebiasaan istiadat nenek moyang mereka.

Suku Baduy juga adalah satu diantara sebagian suku pedalaman di Indonesia yang tutup diri dari dunia moderen. Argumennya, Suku Baduy pilih hidup sesuai dengan alam.

Orang-orang Suku Baduy bermukim di kaki gunung Kendeng, Desa Kenekes. Bertandang ke pemukiman orang-orang Suku Baduy tidaklah hal yang gampang, jalan yang terjal serta medan jalan yang disebut perbukitan adalah tantangan sendiri.

Di masa moderen ini, orang-orang Baduy pilih untuk tutup diri dengan semua perubahan tehnologi. Mereka hidup dengan memercayakan hasil bumi serta rimba tempat mereka dilahirkan. Bahkan juga suku ini tak memakai paku dan alat bantu yang lain dalam bikin rumah. Hebat ya?

Bila Suku Maya di Mesir di kenal dengan bangunan piramidnya, jadi Suku Baduy populer dengan bangunan jembatan akarnya. Jembatan akar? Ya, jembatan itu terbuat dari dua akar pohon yang sama-sama terhubung.

Jembatan akar Baduy ini bahkan juga tak memakai paku atau alat perekat yang lain. Jembatan akar ini terbentang diatas sungai selebar 30 cm. Kehadiran dari jembatan akar ini jadi penghubung pada dunia luar serta Suku Baduy. Salah satu rute yang bakal didapati saat bakal masuk ke daerah Suku Baduy yaitu jembatan akar itu.

” Untuk masuk ke Suku Baduy, jembatan akar ini jadi salah satu rute yang dilewati. Kita bakal terkaget-kaget waktu menjumpai jembatan yang nyatanya terangkai dari dua akar pohon, tetapi sangatlah kuat, ” kata Andrian, salah seseorang penggemar alam dari Jogja yang pernah bertandang ke Suku Baduy.

Di uraikan Andrian saat bercerita, jembatan ini berperan juga sebagai sumber penghubung paling utama yang menghubungkan Suku Baduy dengan orang-orang luar. Jembatan itu terbagi dalam ikatan akar yang sama-sama berkenaan dengan kokoh, sedang sisi bawahnya ada bambu yang dapat juga dipakai juga sebagai jalan.

Tak ada yang tahu bagaimanakah jembatan ini terwujud. Sebagian orang-orang menyakini bahwa ini berlangsung dengan cara alami serta adalah bentuk dari pemberian alam pada orang-orang Baduy, namun sebagian orang-orang juga memperkirakan jembatan ini adalah buatan suku Baduy.

Jembatan akar yaitu salah satu bukti kehebatan orang-orang Baduy dalam bersinergi dengan alam. Tetapi, apa pun kenyataan perihal jembatan akar ini, kehadiran jembatan ini yaitu saksi kehadiran serta kehidupan dari Suku Baduy.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s